Selasa, 18 Desember 2012

Rekor Baru, Terjun dari Langit!


Nekat! Benar-benar penuh keberanian atlet asal Austria ini! Bayangkan, dia berhasil terjun dari langit di ketinggian sekitar 38,7 km.
aksi feli terjun
Foto: nationalgeographic
Aksi Felix Baumgartner mengundang perhatian dunia. Ia bercita-cita meraih rekor baru terjun menuju bumi. Rekor ini pun berhasil dipecahkan.
Baumgar memulai langkah pertamanya dengan naik balon udara lalu terbang tinggi ke atmosfer meninggalkan tempat peluncuran di Roswell, New Mexico, Amerika Serikat.
Balon udara  menuju ketinggian 38,6 km dari permukaan air laut. Setelah sampai di langit, Baumgartner terjun kembali mencapai permukaan Bumi! Wow!!!
Penerjunan itu ditempuh dalam waktu sekitar 10 menit. Setengah dari perjalanan itu ditempuh dengan gerak jatuh bebas berkecepatan 1.110 km/jam alias menembus kecepatan suara. Setelahnya, parasut terbuka.
Rekor dunia pun berhasil ditembus! Bahkan ia mampu melewati tiga rekor dunia, pertama adalah menjadi manusia pertama yang bergerak hingga menembus kecepatan suara tanpa bantuan alat apa pun. Otomatis, ia juga menjadi penerjun dengan kecepatan tertinggi.
Rekor lain, Baumgartner juga menjadi penerjun dengan titik penerjunan tertinggi. Rekor titik terjun tertinggi dipegang oleh Joe Kittinger dari US Air Force yang terjun dari ketinggian 31,3 km dari permukaan laut.
Wah, wah, hebat sekali ya, Baumgartner! Hmm, siapa yang mau memecahkan rekor selanjutnya?
(Annisa/Kidnesia/Kompas/AP/BBC)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar