Rabu, 22 Februari 2012

INFOKU


Satelit Baru, LAPAN A2

Wow, ada satelit baru yang akan diluncurkan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan). Satelit itu dinamakan Lapan A2 (ORARI).


Ilustrasi: skyrocket

Satelit baru itu rencananya akan diluncurkan dari India sekitar September sampai Desember 2012, begitu kata Kepala Lapan, Pak Bambang S Tejasukmana, Rabu (22/2/2012) yang dikutip dari Antara.

Sebelum diluncurkan,nih, pesawat itu dibawa dulu ke India pada bulan Juni 2012. Nanti, satelit akan diperiksa apakah bisa diluncurkan dengan roket India atau tidak.

Satelit Lapan A2 merupakan satelit yang dirancang Lapan bekerja sama dengan Organisasi Radio Amatir Indonesia (Orari). Satelit diharapkan bisa membantu komunikasi dan penyebarluasan informasi seputar bencana.

"Dengan satelit ini kita bisa melihat tempat bencana secara langsung dan membantu komunikasi saat bencana," ungkap Pak Bambang.

Apa saja kelebihan Satelit Lapan A2? Lapan A2 memiliki dua kamera dengan jangkauan 12 km atau dua kali lipat dari satelit Lapan-Tubsat. Satelit ini bisa melewati Indonesia 14 kali sehari! Canggih banget!

Setelah peluncuran Lapan A2, Lapan juga akan meluncurkan Lapan A3 tahun 2013 yang tak kalah canggih. Satelit itu dikembangkan bersama Institut Pertanian Bogor (IPB). Tujuannya, supaya bisa memantau sistem pangan di Indonesia.

Satelit A3 bisa memantau daerah apa yang memungkinkan tanaman bisa tumbuh dengan subur. Alat tersebut juga bisa membantu mendapatkan gambaran tentang hasil beras yang akan diperoleh berdasarkan tempat menanam. Jadi hasil pangan bisa lebih baik lagi.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar